Categories
Uncategorized

TANDA-TANDA KULIT TIDAK COCOK DENGAN PRODUK SKINCARE

TANDA-TANDA KULIT TIDAK COCOK DENGAN PRODUK SKINCARE

Penggunaan produk skincare memang bertujuan untuk membuat kulit wajah menjadi bersih dan sehat. Namun untuk menemukan produk skincare yang cocok memanglah bukan hal yang mudah. Sebab tidak semua produk skincare memberikan hasil dan cocok untuk setiap orang. Saat ini memang sudah banyak jenis produk skincare yang ada. Seperti pembersih wajah, serum, pelembab, sunscreen, hingga produk lainnya. Namun anda harus berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk skincare tersebut. Sebab tidak semua jenis kulit cocok menggunakan beberapa produk skincare. Ketidakcocokan kulit dengan produk skincare tersebut akan menimbulkan dampak negatif. 

Untuk itu sebelum menggunakan produk skincare sebaiknya anda memperhatikan beberapa tanda berikut ini. Hal ini untuk memastikan apakah produk skincare yang anda gunakan cocok atau tidak. Adapun beberapa tanda-tanda kulit tidak cocok menggunakan produk skincare tersebut diantaranya:

  • Kulit terasa panas seperti terbakar

Salah satu tanya kulit tidak cocok dengan produk skincare yaitu kulit akan terasa panas seperti terbakar. Hal ini karena kulit mengalami iritasi kulit karena paparan alergi ataupun bahan kimia tertentu yang ada dalam produk skincare. Tanda ini biasanya akan bertahan pada kulit sekitar kurang lebih satu menit. Namun jika tanda-tanda tersebut selalu muncul ketika habis menggunakan skincare bahkan bertahan sampai berhari-hari. Maka sebaiknya hentikan penggunaan skincare tersebut, sebab kulit anda tidak cocok dengan produk itu.

  • Kulit memerah

Selain kulit akan terasa terbakar, ketika tidak cocok menggunakan produk skincare kulit juga akan memerah. Biasanya hal ini terjadi akibat produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Untuk itu jika kulit mengalami hal ini, sebaiknya anda menghentikan penggunaan produk ini. Sebab jika tidak maka akan membuat kondisi semakin parah bahkan jerawat bisa semakin memburuk.

  • Kulit terasa gatal-gatal

Kulit gatal-gatal setelah penggunaan skincare juga bisa menjadi salah satu tanda ketidakcocokan produk skincare yang anda gunakan. Kondisi ini terjadi karena reaksi penggunaan skincare yang kurang tepat. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda menggunakan produk skincare tersebut satu persatu. Untuk melihat kecocokan produk skincare yang anda gunakan maka berikan jeda selama kurang lebih 2-3 minggu. 

  • Kulit kering dan mengelupas

Kulit kering dan mengelupas setelah penggunaan skincare sebenarnya merupakan hal yang wajar. Sebab kandungan dalam skincare tersebut bekerja mengelupas sel kulit mati secara ringan. Bahkan menyebabkan iritasi ringan untuk mendorong pertumbuhan kolagen baru. Namun, jika kulit mengalami iritasi yang berkelanjutan dan terus-menerus. Maka hal ini bisa menjadi tanda-tanda tidak cocok dengan skincare yang anda gunakan. Untuk itu, maka sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut.

  • Kulit menjadi lebih berminyak

Kulit bekerja sebagai penghalang untuk mencegah kotoran dan radikal bebas. Karena untuk menjaga keseimbangan minyak alami dan kelembaban pada kulit. Namun jika kulit wajah mengalami minyak berlebih, maka hal ini bisa karena skincare yang tidak cocok. Hal ini bisa terjadi karena skincare yang anda gunakan mengandung zat- zat yang keras. Sehingga kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya. 

Demikianlah beberapa tanda-tanda kulit anda tidak cocok dengan produk skincare yang anda gunakan. skincare memang berfungsi untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Namun tidak semua kulit wajah cocok dengan kandungan yang ada di dalam skincare tersebut. Untuk itu kenali dengan baik tanda-tanda tersebut dan jika terjadi iritasi yang berkelanjutan. Maka sebaiknya anda langsung berkonsultasi ke dokter agar kondisi tidak memburuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *