Categories
Uncategorized

JENIS-JENIS LENSA KAMERA 

JENIS-JENIS LENSA KAMERA 

Banyak diantara kita yang sering merasa bingung ketika berhadapan dengan berbagai macam pilihan lensa kamera. Hal ini karena kita belum mengetahui lensa apa yang kita butuhkan untuk pemotretan yang akan dilakukan. Lensa kamera dikenal adalah lensa optik yang digunakan secara bersamaan dengan body kamera untuk membuat gambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lensa kamera dan body kamera merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Lensa kamera berfungsi untuk mengatur cahaya dan juga menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Jenis-jenis lensa kamera juga sangat beragam, sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda. 

Kualitas gambar yang baik tidak terlepas dari pemilihan lensa yang tepat. Semakin baik lensa kamera yang digunakan, semakin bagus gambar yang dihasilkan. Untuk itu sebelum melakukan pemotretan, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis lensa kamera dan fungsinya. Berikut ini beberapa lensa kamera yang bisa anda ketahui, antara lain sebagai berikut:

  • Lensa kit

Lensa kit merupakan lensa bawaan yang sudah terdapat pada kamera saat awal pembelian. Lensa kit memiliki ukuran 18-55mm yang menawarkan kualitas gambar yang cukup bagus. Salah satu kelebihan dari lensa ini adalah fleksibilitas. Dan salah satu kekurangan dari lensa ini yaitu pada bukaan atau aperture. Sebab lensa ini merupakan lensa yang lambat sehingga tidak memiliki aperture maksimal yang lebar.

  • Lensa prime/fix

Lensa prime/fix merupakan lensa yang tidak memiliki elemen bergerak, panjang fokus dan aperture yang tetap.  Bentuk fisik lensa ini lebih simpel sehingga bisa digunakan dalam berbagai situasi, seperti portrait, landscape dan lainnya.  Keunggulan dari lensa ini yakni hasil foto lebih terlihat tajam, tidak terlalu berat dan bentuknya terbilang kecil. Sementara kelemahan dari lensa ini adalah fotografer harus bergerak ke depan maupun ke belakang untuk mendapatkan angle. Dan hasil foto yang terlihat tajam hanya pada bagian tengah saja. 

  • Lensa sudut lebar(wide-angle lens)

Lensa sudut lebar merupakan salah satu jenis lensa kamera yang bisa mencakup sudut gambar yang luas. Sehingga lensa bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto. Lensa ini memiliki ukuran 17mm-40mm dan cocok untuk foto landscape. Lensa ini berfungsi untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat atau ruangan yang kecil. Dengan lensa ini bisa membuat objek menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dan juga dapat memotret lebih banyak orang yang berjejeran dibandingkan dengan lensa standar. 

  • Lensa tele

Lensa tele memiliki ukuran sekitar 70mm bahkan bisa lebih. Lensa ini menghasilkan distorsi paling kecil sehingga menjadikannya pilihan untuk foto portrait. Lensa tele cocok ketika dalam kondisi dimana tidak bisa berada dekat dengan objek. Namun demikian salah satu kelemahan lensa tele yaitu ukuran dan beratnya cenderung cukup berat.  Lensa tele juga kesulitan ketika digunakan untuk mengambil objek yang berada terlalu dekat.

  • Lensa makro

Lensa makro biasanya digunakan untuk membuat gambar close-up yang ekstrem. Lensa makro sendiri dapat menghasilkan foto dengan ukuran skala yang lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Lensa ini juga memungkinkan anda untuk lebih dekat dengan subjek anda daripada lensa biasa.  Salah satu kelemahan dari lensa ini yaitu mengharuskan anda menggunakan tripod. Hal ini karena anda begitu dekat dengan subjek, maka harus menjaga kamera agar tetap stabil. Jika anda tidak berhati-hati dalam menggunakan lensa ini, maka hasilnya akan kurang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *